Cuci Tangan 7 Langkah Untuk Mencegah Penularan Penyakit

Tangan adalah bagian utama dari tubuh yang sangat sering kita gunakan. Terutama ketika sedang melakukan aktivitas. Oleh karenanya tangan menjadi agen utama dalam menyebarkan berbagai jenis penyakit. Misalnya flu, diare, atau penyakit berbahaya seperti meningitis. Cuci tangan 7 langkah menjadi salah satu cara sanitasi untuk membersihkan tangan kita. hidup yang sehat dimulai dengan menjaga kebersihan dari tubuh kita. sangat penting untuk menjaga kebersihan diri. Kotoran yang berada ditangan dapat masuk ke tubuh ketika kita sedang makan atau minum. Sehingga kotoran tersebut masuk ke dalam tubuh baik disengaja maupun tidak sengaja. Tangan juga menjadi media yang tepat untuk menularkan penyakit dari satu orang ke orang lainnya.

cuci tangan tujuh langkah

Beberapa yang dianjurkan ketika melakukan cuci tangan 7 langkah. Pertama usahakan menggunakan air yang mengalir. Agar kotoran yang ada di tangan tidak tertinggal di tangan dan terbawa oleh aliran air. Dan tentunya harus air yang bersih. Air yang bersih berupa yang tidak berwarna dan juga tidak berbau. Selanjutnya adalah menggunakan sabun. Sebaiknya menggunakan sabun anti septik dan juga sabun cair. Karena sabun cair lebih higienis jika dibandingkan dengan sabun batang. Bagian yang sering dilupakan ketika mencuci tangan. Bagian itu adalah telapak tangan, sela-sela jari, punggung tangan dan juga pergelangan tangan. Selalu ingat untuk kembali membilas tangan anda dengan menggunakan air yang bersih dan uga mengalir.

Sabun yang sebaiknya digunakan adalah sabun yang tentunya cepat membunuh bakteri dan juga kuman penyakit. Sabun yang sebaiknya digunakan adalah sabun cair dan juga mudah untuk dibawa kemana-mana. Salah satu sabun yang sudah banyak digunakan oleh orang Indonesia adalah sabun Lifebuoy yang juga mengeluarkan sabun khusus untuk mencuci tangan. WHO juga sangat menyarankan untuk menggunakan sabun ketika hendak mencuci tangan. Sehingga ketika kita hendak makan memastikan tangan anda bersih dan juga tidak membawa kuman dan bakteri. Terlebih jika anda melakukan cuci tangan 7 langkah. Cobalah untuk selalu menjaga kebersihan tubuh anda.

Iklan